Petualangan Seru Menuju Tempat Wisata Curung Nangka di Bogor

0
7
sumber:tempatwisatadibogor.net
sumber:tempatwisatadibogor.net

beritalima.com, Bukan di pusat kota, namun di pinggirnya. Begitulah gambaran keindahan dari tempat-tempat wisata di Bogor.

Tentu saja, tempat-tempat wisata ini menghadirkan suasana alam yang sejuk khas daerah pegunungan. Salah satu tempat wisata yang identik dengan semuanya itu adalah curug. Di Bogor sendiri, terdapat banyak beragam curug yang selalu ramai dengan kehadiran pengunjung atau wisatawan.

Dari banyak info seputar curug yang disadur dari website Traveloka, ada satu curug yang menarik untuk ditelusuri. Namanya adalah Curug Nangka. Tempat wisata ini terletak di Desa Sukajadi, Taman Sari, Kabupaten Bogor. Mendengar nama tempatnya, tentu saja akan mengingatkan kita dengan Gunung Salak.

Benar saja, wisata curug ini terletak di kaki lereng Gunung Salak yang juga salah satu tempat wisata di Bogor yang populer di kalangan pendaki gunung. Suasananya masih sangat asri. Untuk sampai ke tempat wisata di Bogor yang satu ini setiap pengunjung harus terlebih dahulu bertualang menyusuri alam.

Lalu, petualangan seru apa saja yang bisa didapatkan selama perjalanan menuju Curug Nangka ini?

  1. Treking melewati kaki Gunung Salak

Karena letaknya berada di kaki Gunung Salak, wisatawan atau pengunjung harus melewati bagian bawah dari Gunung ini. Tentu saja area yang harus dilewati sedikit menanjak. Namun, percayalah bagian treking ini tidak sesulit mendaki sisi lain dari Gunung Salak.

Suasana ini setidaknya akan membawa kita petualangan atau belajar mempersiapkan diri untuk mendaki sebuah gunung.

  1. Menikmati keindahan hutan pinus di kaki Gunung Salak

Petualangan berikutnya adalah setiap wisatawan yang akan menuju Curug Nangka akan bertemu dengan keindahan hutan pinus. Deretan pohon-pohon pinus berbaris rapi memberikan suasana yang sejuk bagi setiap wisatawan yang melintasinya. Barisan pohon pinus ini sebenarnya sudah merupakan bagian dari Gunung Salak.

Saat terpesona sesaat menatap keindahan hutan pinus ini, sempatkan sejenak untuk mengabadikan keindahan hutan ini, tepatnya ketika cahaya matahari sedang menyelinap disekitara barisan pohon pinus.

  1. Melawan derasnya aliran sungai di Curug Nangka

Salah satu petualangan seru yang harus dilalui saat akan menikmati keindahan Curug Nangka adalah setiap wisatawan harus berhadapan langsung dengan aliran air sungai.

Sebuah sungai kecil yang terltak di kaki gunung salak ini merupakan air curah yang melimpah dari Curug Nangka. Jangan khawatir lebar sungai ini cukup kecil, yaitu berkisar empat meter saja. Namun, karena air curahnya mengalir deras tiada henti, mau tidak mau setiap pengunjung harus berpetualang menahan aliran air sungai yang sebenarnya berasal dari Curug Nangka.

  1. Bertemu dengan Curug Daun dan Curug Kawung

Petualangan berikutnya di objek wisata di Bogor ini saat menuju Curug Nangka adalah akan melihat dua curug kecil selama perjalanan.

Nama curug ini adalah Daun dan Kawung. Untuk ukuran tingginya, kedua curug ini lebih kecil dari Curug Nangka. Selain itu, volume air yang ditumpahkan oleh kedua curug ini juga tidak sebesar Curug Nangka.

Jalan menanjak di kaki Gunung Salak, melihat cahaya matahari menembus sela-sela pohon pinus, melawan derasnya aliran sungai, hingga suasana segar dan menyejukkan dari dua curug adalah sekelumit petualangan yang akan dibayar dengan indahnya tampilan Curung Nangka.

Biaya masuk untuk menyaksikan keindahan Curug Nangka sendiri adalah sebesar Rp 15.000. Namun, jika wisatawan ingin sekaligus mencoba pendakian Gunung Salak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here