Tinggalkan Gus Ipul, Jupri Abdullah Gelar Lukisan Tokoh Bangsa

0
5

SURABAYA, beritasembilan.com -Moment jelang Pilkada serentak dimanfaatkan seniman lukis asal Pasuruan, Jupri Abdullah, untuk memamerkan karya-karyanya. Pamerannya kali ini bertema “Tokoh Bangsa”.

Terhitung sebanyak 29 karya lukis Jupri yang semuanya gambar tokoh bangsa ini digelar di Orasis Art Gallery, Jalan HR Muhammad 94 Surabaya, sampai 21 Januari 2018 mendatang.

“Menjelang perebutan kursi kepala daerah ini saya ingin mempersatukan mereka, para tokoh bangsa, lewat karya seni lukis saya,” kata Jupri saat pembukaan pameran, Senin (15/1/2018).

“29 lukisan ini saya kerjakan mulai tahun 2016 hingga 2018,” kata Jupri.

Ke-29 tokoh itu diantaranya mantan Proklamator Soekarno, kemudian Sri Sultan Hamengkubuwana IX, BJ Habibie, Megawati, Gus Dur, Presiden Jokowi, Iriana Jokowi, Surya Paloh, Jendral Tito Karnavian, Jusif Kalla, dan Susi Pudjiastuti.

Selain itu ada juga Khofifah, Oesman Sapta Odang yang sedang dimosi tidak percaya sebagai Ketum DPP Partai Hanura, dan Ketua DPD Partai Hanura Jatim Kelana Aprilianto.

BACA JUGA :   Efendi Janji Sejahterakan Warga Pesisir Bangkalan

Dari 29 tokoh yang dilukis Jupri itu yang terbesar adalah lukisan Jokowi, berukur 2 x 3 meter. Lukisan presiden ini ditempatkan di bagian depan ruang pameran. Okeh Jupri, Jokowi digambarkan membawa lentera dan buku UUD 45.

“Dalam lukisan yang berjudul membawa perubahan ini Jokowi saya gambarkan dengan sosok yang membawa lentera penerang dengan tetap berpegang pada UUD 45,” terang Jupri.

Akan tetapi, pameran ini terkesan mengandung pesanan dan politis. Ada keberpihakan sang seniman terkait Pilkada Jawa Timur mendatang, karena disitu cuma ada salah satu Cagub Jatim. Lukisan Cagub Saifullah Yusuf tidak ada.

Ketika hal itu ditanyakan, Jupri mengatakan, dirinya sudah berusaha menghubungi dan minta ijin Gus Ipul untuk dilukis tapi tidak direspon, sementara ketika minta ijin Khofifah langsung direspon dengan antusias.

BACA JUGA :   Efendi Janji Sejahterakan Warga Pesisir Bangkalan

Selain lukisan terbesar Jokowi, dan lukisan terkecil (ukuran 2 x 3 cm) Hasyim Muzadi, lukisan lainnya umumnya berukuran sekitar 100 x 120 cm. Semuanya lukisan realis yang dikolaborasikan dengan abstrak yang biasa disebut pop realis di atas kanvas.

Lukisan-lukisan tersebut, menurut informasi yang diterima media ini, akan dilepas Jupri jika ada yang minat. Harganya kisaran antara Rp 50 juta hingga Rp 250 juta. Dan, lukisan Jokowi itu yang termahal.

Jupri sendiri akan melanjutkan pameran Lukisan Tokoh Bangsa setelah ini. “Ini pameran Lukisan Tokoh Bangsa yang pertama. Rencananya setelah ini saya akan pameran di Jakarta, Jogja, Bandung, Sumatera, Kalimantan, sampai Papua,” kata Jupri. (Ganefo)

Teks Foto: Jupri Abdullah di antara lukisan Tokoh Bangsa karyanya, yang kini dipamerkan di Orasis Art Gallery, Jalan HR Muhammad 94 Surabaya, sampai 21 Januari 2018 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here