BERITASEMBILANCOM| Mungkin bagi anda baru tahu apa itu buah Parjito? Dan ternyata buah parjito ini merupakan buah yang langkah. Buah ini menyerupai anggur tapi lebih kecil. Warnanya ungu kemerahan, sangat cantik dan menggoda. Karena kecantikannya ini, buah parijoto lebih banyak digunakan sebagai tanaman hias daripada dikonsumsi.

Buah cantik ini mengandung antioksidan alami seperti tanin, flavonoid, dan saponin yang dapat menangkal radikal bebas masuk ke tubuh. Buah ini banyak ditemukan di area gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah. Dan buah ini juga populer di kalangan masyarakat Kudus karena dipercaya dapat meningkatkan kesuburan hormonal pada wanita hingga menjaga fisik bayi dalam kandungan.

Ada Lima Manfaat kegunaan buah Parjito ini Antara lain yakni:

1. Menjaga Kandungan Ibu Hamil

Di Kudus terdapat sebuah mitos, jika ingin memiliki bayi yang canti atau tampan, makanlah buah Parijoto. Mitos ini didasarkan pada kisah Sunan Muria yang memberikan buah parijoto secara rutin untuk istrinya yang sedang hamil, dan bayi memang lahir dengan kulitnya bersih dan sangat sehat. yang kemudian tersiar secara luas di masyarakat. Hal ini bukan sembarang mitos ya Trav, karena setelah uji penelitian buah Parijoto baik untuk Ibu hamil. Khasiat ini diperoleh dari kardenolin, saponin, flavonid  yang terkandung dalam buah parijoto dan daunnya yang mengandung tannin. Kandungan tersebut ternyata baik sebagai penamabah nutrisi ibu hamil. Bahkan, para pemburu parijoto banyak yang berasal dari luar kota demi mendapatkan buah ini. Karena terdapat mitos yang ingin memiliki bayi yang cantik atau ganteng makanlah buah Parijoto. Hehe

2. Penambah Kesuburan

Tanaman Parijoto banyak tumbuh di lereng gunung Muria, buah ini merupakan buah peninggalan sunan Muria, penyebar agama Islam di sekitar Kudus bagian utara. Selain baik bagi ibu hamil, buah Parijoto juga berkhasiat sebagai penambah kesuburan. Hal ini karena buah Parijoto mengandung antioksidan yang cukup tinggi. DR. dr Taufik Jamaan, SpOG, dokter kandungan di Jatinegara mengatakan, buah atau sayuran yang kaya antioksidan sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Berdasarkan penelitian yang dikumpulkan di Cochrane Collaboration Inggris menyebutkan, tingkat kehamilan dapat ditingkatkan lewat kecukupan antioksidan empat kali lebih berpeluang hamil dibandingkan yang tidak. Tidak hanya perempuan, tingkat kesuburan laki-laki juga dapat meningkat bila mengonsumsi makanan yang sarat antioksidan.

3. Baik untuk Penderita Kolesterol

Buah dan sayur yang mengandung antioksidan tinggi dan dikenal sebagai tumbuhan yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung, dan mencegah oksidasi LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat. Buah Parijoto memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi. Maka, biasanya para penderita kolesterol tinggi memakan buah Parijoto yang segar secara langsung ya Trav. Bila Trav ingin membeli buah ini bisa tuh langsung ke Colo sekalian wisata religi ke makam sunan Kudus.

4. Obat Diare

Biasanya bahan yang digunakan dari buah Parijoto sebagai obat diare adalah daunnya. Secara tradisional dan sederhana, cara pembuatan obat diare ini dapat dilakukan sendiri di rumah. Daun Parijoto segar sebanyak 20 gram dicuci kemudian direbus. Perebusan menggunakan 400 ml air, tunggu sampai mendidih selama 15 menit. Setelah itu disaring dan didinginkan terlebih dahulu. Obat ini dapat diminum dua hari sekali untuk pengkonsumsiannya.

5. Pencegah Sariawan

Buah yang berbentuk bulat dan bergerombol ini memiliki kandungan vitamin C lho, Trav. Maka buah Parijoto berkhasiat sebagai pencegah Sariawan. Biasanya, buah parijoto segar sebanyak 5 gram dicuci kemudian ditumbuk halus. Setelah itu larutkan dalam 100 ml air matang kemudian gunakan untuk berkumur-kumur.

(Dikutip dari berbagai sumber)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini